Tips Merawat Mobil Innova Agar Mesin Awet

Innova merupakan tipe mobil yang saat ini banyak digandrungi. Biasanya, mobil ini identik dipakai untuk suatu keluarga besar. Pasalnya, mobil satu ini bisa muat banyak dan cocok untuk keluarga dengan anggota yang besar. Selain itu, performa mesin dari mobil ini juga tidak bisa diragukan.

Kamu bisa

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat mobil Innova yang mereka miliki. Akhirnya, tak jarang ditemukan banyak yang performa mesinnya menurun. Bagi kamu yang memang ingin mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya, silakan simak artikel ini baik-baik ya!

Tips Merawat Mobil Innova Agar Mesin Awet

Merawat Toyota Innova harus dilakukan untuk mencegah hal apapun yang tidak diinginkan terjadi kepada mobil kesayangan kamu. Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil ini?

  1. Penggantian Oli

Untuk merawat mesin Innova, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan penggantian oli secara berkala. Tentu, penggantian oli akan merefresh performa mesin yang ada di dalamnya. Segera ganti oli yang memang sudah mencapai 50.000 km secara teratur.

Dengan itu, performa mesin bisa tetap prima dan juga bisa awet karena sering merefresh mesin tersebut dengan oli.

  1. Pengujian Jalan

Cara kedua untuk merawat mobil Toyota Innova agar mesinnya tetap awet adalah dengan tidak membiarkan mesin tersebut diam. Usahakanlah untuk membawanya setiap hari dan jangan sampai mesin diam terlalu lama. Dengan itu, mesin bisa panas dan hal tersebut sangat berguna untuk merawat mesin yang ada di dalamnya.

  1. Memanaskan Mesin Secara Rutin

Cara ketiga untuk merawat mobilmu adalah dengan memanaskan mesin secara rutin setiap hari. Memang, cara ini hampir mirip dengan cara kedua, namun, ada sedikit perbedaan.

Cara ini sangat efektif jika kamu tidak sedang ingin berjalan-jalan menggunakan mobil. Jadi, kamu hanya tinggal menghidupkan mesinnya dalam jangka waktu yang dirasa cukup, lalu silakan untuk mematikannya.

Hal ini harus kamu lakukan untuk mencegah masalah pada bagian mesin mobil.

  1. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tips merawat Toyota Innova agar mesinnya awet adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai. Biasanya, jika mobil kamu menggunakan bahan bakar solar, akan ada kandungan sulfur yang tergolong rendah dan juga memiliki kadar cetane tinggi.

Dengan kandungan tersebut, mesin diesel yang ada dalam mobilmu bisa bekerja optimal dan juga minim gangguan. Jika bahan bakar yang digunakan memiliki kandungan sulfur yang terlalu tinggi, maka sistem distribusi dari bahan bakar akan terganggu dan juga bisa mengurangi performa serta usia mesin.

Jadi, pemilihan bahan bakar yang sesuai sangat bermanfaat untuk membuat mesin awet.

  1. Mengecek Filter Bahan Bakar

Cara kelima untuk merawat mesin yang ada dalam mobil ini adalah dengan melakukan pengecekan filter bahan bakar segala berkala. Pastikan bahwa filter bahan bakar tidak sedang dalam kondisi kotor.

Biasanya, indikator dari diesel kotor, mobil ini akan menunjukkan lampu peringatan yang ada di panel mobil. Jika sudah muncul lampu peringatan tersebut, segera lakukan penggantian dengan menggunakan filter bahan bakar yang baru.

  1. Membersihkan Filter Udara

Udara akan muncul dari dua sumber; dari dalam mobil dan juga dari luar mobil. Udara di dalam mobil, sebenarnya tidak akan membuat bagian dalam mesin akan kotor. Akan tetapi, udara dari luar mesin mobil bisa menjadi penyebab mesin kotor.

Udara yang bersih, nantinya akan menjadikan performa mesin bisa sangat terjaga. Selain itu, udara yang bersih akan membuat bahan bakar yang digunakan akan lebih efisien dibandingkan jika ada kotoran atau kerak di dalam komponen mesin yang sedang bergerak.

Jadi, pastikan untuk mengecek filter udara. Jika sudah kotor, silakan untuk menggantinya.

  1. Mengecek Water Sedimenter

Selain mengecek filter udara, kamu juga harus mengecek water sedimenter. Fungsinya adalah untuk menangkap adanya kandungan air pada saluran BBM agar air tersebut tidak ikut mengalir ke dalam sistem bahan bakar.

Jika air masuk ke dalam sistem bahan bakar, besar kemungkinan performa mesin akan mengganggu. Dan juga bisa jadi, mesin akan berkarat. Untuk mengeceknya sangat mudah, kamu harus segera menguras water sedimenter jika indikator yang ada dalam mobil terlihat penuh.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga mesin mobil Innova yang kamu miliki. Dengan itu, kamu bisa mengendarai mobil tersebut dengan performa yang terjaga.